Webinar : Penataan Ruang dan Bangunan Beralas Kesemestaan

Webinar : Penataan Ruang dan Bangunan Beralas Kesemestaan

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purwakarta bertempat di Ruang Rapat Bappelitbangda Kabupaten Purwakarta mengikuti Webinar (Web-Seminar) berjudul “ Penataan Ruang dan Bangunan Beralas Kesemestaan “. Pembicara pada Webinar : “ Penataan Ruang dan Bangunan Beralas Kesemestaan “ ini diantaranya adalah Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Purwakarta Agung Wahyudi dan Ketua Umum Pengurus Nasional Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia Dian Heri Sofian. Keynote Speaker adalah Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Kang Dedi Mulyadi. Adapun Moderator adalah Dosen UIN SGD Bandung Dr. Bambang Q. Aness.

Hasil dari webinar ini diharapkan akan dapat memberikan gambaran pencerahan tentang konsep penataan ruan dan bangunan beralas kesemestaan, yaitu penataan ruang dan bangunan khususnya di Kabupaten Purwakarta dengan memperhatikan kaidah “memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang” dengan cara mengakomodir konsep dan pelaksanaan pembangunan tata ruang dan bangunan khususnya di Kabupaten Purwakarta berbasiskan kearifan masyarakat lokal yang menganut falsafah ke-Sunda-an yang memperhatikan bentang alam dan laskap untuk menjamin ketersediaan air, keberadaan kuantitas udara dan selaras dengan lingkungan sekitar.

Adapun rekomendasi yang bisa dimunculkan dari Webinar : “ Penataan Ruang dan Bangunan Beralas Kesemestaan “ ini adalah agar pemabngunan pembangunan tata ruang dan bangunan khususnya di Kabupaten Purwakarta yang berbasiskan kearifan masyarakat lokal yang menganut falsafah ke-Sunda-an harus dimulai dari kerjasama, konsensus dan komunikasi multi arah seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait berdasarkan visi, misi dan mindset yang sama dalam kaitannya dengan perijinan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Kabupaten Purwakarta.